Setting Angin Karburator
Cara setel angin karburator. Setiap motor memiliki putaran yang
berbeda dan juga di pengaruhi cuaca. Cara meyesuaikan setelan angin
karburator pada motor anda tidak harus pake patokan putaran 1/3 1.5 atau
2.5 dan seterusnya.tapi berdararkan permintaan mesin. Trus apa yang
membuat anda ingin menyetel nya?. Banyak teman-teman belom paham tentang
ini dan tidak jarang mereka coba-coba putar-putar tapi tidak ada
penyelesaian nya. Alasan yang sering trjadi sehingga di butuhkan setting
angin karburator sbb
1. Motor merebet di putaran gas rendah.
2. Motor merebet di putaran gas tengah dan puncak.
3. Terkadang motor lemah terkadang bertenaga.
4. Boros suara besar tenaga gak ada.
Langkah penyetelan.
Sekalian buka karbu nya cuci hingga bersih bukan pake air dan sabun tapi
pake bensin. Lalu bersihkan pj dan mj nya dan cek lobangnya jangan ada
yang trsumbat. Tekan panel pompa karbunya biar kotoran di dalam pompa
keluar. Setelah bersih pasang kembali seperti semula dan jangan lupa
selang bensinya.
Dan lanjut ke busi buka dan bersihkan jika warna hitam tanda nya
motor boros bensin jika basah menandakan ring piston udah bocor.
Idealnya warna kemerahan dan kuning tua lalu pasang kembali dan coba
hidupkan. Apa kah masih berebet atau udah normal?
Jika masih berebet coba cek setelan angin nya. Jika anda belom tau
yang mana angin dan gas coba bedakan jika di putar searah jarum jam dan
gas jadi naik ini setelan gas. Jadi setelan angin yang satunya.
Ok mari kita kerjakan pertama kencangkan stelan angin nya lalu tarik gas
+-3/4 dan tahan lalu putar keluar setelan anginya secara sedikit-demi
sedikit lalu perhatikan di mana merebetnya hilang dan gas jadi tinggi
tapi normal nah ini lah stelan yang pas buat motor anda lalu sesuaikan
setelan gas nya biar irama langsamnya pas.
Note: jangan lupa saringan udara harus di bersihkan. Jika bensin
banjir dari karbu menandakan karet di pelampung rusak karet ini
berpungsi mengatur masuk minyak ganti jika perlu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar