Jumat, 30 November 2012

Cara Mudah Buat Bersihkan Karburator
 
  
image

JALANAN
dan trek yang berdebu dan bahkan berlumpur pada saat musim hujan tentu membuat permukaan luar karburator menjadi tampak kotor. Menjaga kebersihan luar karburator ternyata tidak membutuhkan banyak teknik-teknik sukar. Seperti yang dilakukan oleh tukang service di tempat service motor. Siapa saja bisa melakukannya dan tidak butuh waktu lama
Modalnya cuma sabun cream alias sabun colek buat cuci baju dan air aki zuur saja. Selain itu sediakan pula wadah untuk meredam karburator, kemudian sikat gigi bekas atau kuas cat kecil untuk menjangkau bagian-bagian yang dalam.
Langkahnya adalah, campurkan air aki zuur dan sabun colek secukupnya ke dalam wadah. Takarannya setengah botol air aki zuur dan tiga hingga empat sendok teh sabun colek. Setelah itu, aduk keduanya hingga campuran merata.
Buka karburator dari intake dan lepaskan seluruh part yang ada di karbu. Jangan lupa komponen karet, plastik dan spuyer di dalam karburator harus dilepas agar tidak rusak oleh air zuur.
Usai semua dilepas, kini rendam kedua (bagian atas karbu dan mangkok-red) ke cairan campuran yang sudah disiapkan tadi. Sembari direndam, baiknya perlahan diaduk agar cairan bisa masuk atau mengenai bagian yang sulit dijangkau.
Rendam saja sekitar 2–3 menit. Kemudian setelah diangkat, gosok karbu pakai sikat atau kuas.
Usai membersihkan permukaan luar, sekalian membersihkan bagian dalam karbu. Tapi jangan pake air zuur dan sabun. Seperti peranti macam pilot-jet dan main-jet bahkan botol skep juga. Bersihkannya bisa pakai bensin. Lalu, keringkan pakai angin kompresor agar bersih dari air dan partikel debu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar