Jumat, 30 November 2012

TIPS SETTING KLEP MOTOR


TIPS SETTING KLEP MOTOR - untuk cara setel atau setting klep kebanyakan pemiliki kendaraan memang belum pada tahu. Untuk itu sebenarnya kita punya kesempatan belajar untuk mengetahuinya. Mari simak bersama tips info berita di bawah ini.
klep3


Tujuan menyetel klep :
Penyetelan celah katup adalah mutlak harus dilakukan terhadap sepeda motor. Dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. Tujuannya untuk diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal.
Persiapan Alat yang digunakan:
1. Obeng (+) besar dan (+) sedang
2. Obeng (-) Besar
3. Kunci ´T´ (sok 17mm)
4. Kunci ring 89 mm
5. Kunci tapet klep (´L´ klep)
6 filler (bilah ukur)
Langkah kerja :
1. Lepaskan sekrup cover tengah dan tebeng sayap dengan menggunakan obeng (+) sesuai ukuran sekrup.
2. Buka tutup pengetopan di blok magnet (beralur obeng (-) minus besar), yang besar dan kecil.
3. Buka tutup klep ( klep IN (atas) dan klep EX (bawah)) yang ada di kepala silinder yang berkepala kunci ring 8 mm.
4. Cari tanda *T*dengan cara memutarkan poros engkol menggunakan kunci sok T 17mm searah jarum jam sampai didapat tanda ´T´ di magnet lurus dengan tanda penyesuaian di blok magnet.
5. Pastikan kedua klep dalam posisi bebas goyang).
6. Lakukan pengukuran celah klep dengan memasukan filler diantara celah katup dan baut penyetel
7. Apabila filler masuk ke celah tersebut, dan puller didorong kearah depan tidak bisa, tapi saat ditarik bisa tanpa meninggalkan bekas goresan di filler berarti celah klep bagus (standar)
8. Apabila point 7 tidak terjadi, lakukukan langkah berikut :
» longgarkan sedikit mur penyetel klep dengan kunci ring 9 mm sambil menahan baut penyetel klep dengan kunci ’ L ’ stelan klep.
» Masukan puller ke celah klep dan stel dengan memutar stelan klep untuk mendapatkan celah klep yang sesuai dengan ketentuan apabila puller didorong tidak bisa tapi apabila ditarik puller bisa bergeser tanpa meninggalkan bekas di puller.
» Setelah didapat celah standar, tahan baut penyetel klep lalu kencangkan mur pengikat klep dengan kunci ring 9 mm.
» Cek kembali celah klepnya untuk memastikan bahwa klep telah distel dengan baik.
» Setelah didapat penyetelan yang tepat tutup kembali klep dan pastikan pengencangan bautnya benar.
» Pasang kembali cover body kebalikan urutan dari pembongkaran.
Semoga informasi ini membantu anda mengetahui cara penyetelan klep yang sesuai dengan standar kerja pabrikan.

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor

  1. Stiap pagi panaskan mesin slama 1 menit saja, kalo terlalu lama, knalpot akan menguning, skalian ngirit bahan bakar, hehe.
  2. Pastikan tekanan ban sesuai spesifikasi ban, biyasanya tertera pada bagian samping samping ban (psi).
  3. Cek kondisi air accu, isikan air sulingan kedalam accu jika air accu kurang dari spesifikasi.
  4. Cek kondisi oli mesin, apakah minta diganti atau tidak, biasanya oli diganti pada jarak tempuh >2000 km.

Tips Merawat Body Sepeda Motor

saya ada pengalaman baru nih, byasanya body sepeda motor kita knapa ngax awet alias cepet rusak, karna disebabkan beberapa faktor.

Berikut kilasan seputar merawat body sepeda motor agar tetep mengkilap and bersih :
  1. Gunakan air bersih untuk mencuci sepeda motor, kalo kita pake air kotor, maka body atau cat sepeda motor kita bisa rusak sob.
  2. Gunakan lap dan busa kusus body sepeda motor yg terjual dipasar-pasar, jangan asal pilih nih, klo kita asal pake lap apa aja, maka body sepeda motor kita bisa tergores-gores.
  3. Gunakan sampo motor dan jangan skali-kali kita gunakan sabun cuci atau detergen, tapi jangan terlalu sering menggunakan sampo motor sob, karna ngak bagus buat keawetan body sepeda motor kita, klo saya sih jarang-jarang aja, sekalian ngirit pengeluaran, hehehe.
  4. Usahakan jangan steam sepeda motor sembarangan, kalo bisa cuci aja sendiri, karna kita ngak tau tu pembersih apa yg digunakan.
  5. Keringkan body sepeda motor anda dengan lap kusus agar tidak terjadi bercak-bercak bekas air setelah kering alias jamur body, karna susah ntu ilangnya.
  6. Gunakan cairan kusus setelah body sepeda motor dikeringkan agar body motor mengkilap, byasanya dijual dipasar-pasar dikemas dalam bentuk botol dsb.
  7. Gunakan gel kusus untuk ban agar tetap terlihat hitam, byasanya dijual dipasar.
  8. Usahakan kalau parkir sepeda motor ditempat yg teduh, jika sering diparkirkan ditempat yg terkena trik matahari scara lama ( stiap hari >4 jam) maka cat sepeda motor akan tidak awet atau rusak atau pudar, kalau sebentar ngak apa-apa.


Ctt :
sabun cuci atau detergen boleh digunakan untuk mencuci motor tetapi hanya untuk ban dan velg, namun jangan di body sepeda motor

-Piston => mengompresikan, menghasilkan tenaga, pembuangan dan isap.
-Ring oli => untuk mengikis oli pada dinding silinder.
-Ring kompresi => merapatkan kompresi.
-Roda gila => menyimpan tenaga putar.
-Stang piston => untuk menghubungkan piston dengan poros engkol.
-Pena piston => untuk mengikat antara piston dengan batang piston.
-Poros engkol => merubah gerak bolak balik piston menjadi putaran.
-Karter => penampung olim menutup mesin bagian bawah.
-Blok silinder => rumah piston dan komponen komponen lainnya
-Kepala silinder => pembentuk ruang bakar, untuk dudukan katub, dudukan roker arm, untuk tutup blok silinder.
-Intake manifol => saluran masuk.
-Exhause manifol => saluran buang.
-Fungsi kompresi => untuk menaikkan tekanan dan suhu

Setting Knalpot Racing, Fokus di Karburator dan Celah Klep!


 Setel ulang sekrup udara karburator dimaksudkan agar mesin tidak gampang meletup ketiga grip gas ditutup
Pakai
knalpot racing yang banyak dijual di pasaran, bisa aja langsung pasang. Mesin tetap bisa hidup dan juga dapat dipakai jalan.

Namun lebih baik seting dulu agar perfoma lebih bagus. Sebab terkadang mesin jadi lemot di rpm bawah dan atas, timbul gejala ngilitik hingga terjadi letupan saat gas ditutup.

Sendangkan munculnya gejala seperti itu, karena konstruksi beda dengan standar. Terutama volume pada pipa dan tabung silencer yang dipengaruhi panjang, lebar hingga susunan sekat yang ada di tabung.

Karena berubah bentuk, otomatis tendangan balik gas buang di perut knalpot ke ruang bakar tekanannya jadi berbeda. Makanya perlu penyesuaian di bagian komponen penyuplai gas bakar, terutama setingan karburator,” terang Marsudi mekanik yang kini gabung di tim Honda Denso Castrol NHK Jayadi Racing Team.

Untuk melakukan seting karbuartor juga tidak asal ganti komponen. Apalagi sekadar ganti knalpot racing tanpa ada bagian mesin yang ikut dimodifikasi. Marsudi bilang, cukup atur sekrup aliran udara. Atau naikkan spuyer main-jet 1 atau 2 step sesuai kebutuhan. Itu pun kalau perlu.

Lanjut Marsudi, untuk setelan sekrup udara baiknya sedikit ditutup. Sementara kalau untuk standar biasa pakai ukuran 1½ putaran balik dari posisi tertutup, dengan menggunakan knalpot racing yang lebih plong coba dibikin 1¼ putaran balik.

“Penyempitan aliran udara di lubang karbu lewat setelan sekrup udara, dimaksudkan agar mesin tidak gampang meletup ketiga grip gas tertutup. Sebab dalam kondisi itu di mana knalpot sudah plong, bensin jadi lebih sedikit daripada udara. Makanya dipersempit lagi agar bensin jadi lebih banyak. Letupan pun berkurang,” wantinya.

Selain seting sekrup udara. Untuk memaksimalkan tenaga di gasingan atas, di mana perut knalpot sudah lega dan butuh tendangan balik lebih kuat, Marsudi menyarakan untuk mengatur ulang spuyer main-jet.


 Setel klep untuk memaksimalkan tenaga juga untuk menyesuaikan kondisi cuaca di sekitar
“Biasanya sih aliran gas bakar diperbesar. Caranya, dengan menaikkan ukuran spuyer main-jet 1 atau 2 step. Peningkatan ini tentu harus disesuakan dengan kebutuhan. Caranya bisa dilihat dari hasil pembakaran. Seperti, kepala busi jangan terlalu putih atau hitam sekali,” lanjut mantan intruktur sekolah mekanik HMTC Jakarta.

Setelah karburator di seting ulang, penyesuaian lainnya bisa dengan mengatur setelan klep. Tapi kata Marsudi, setelan klep lebih ditujukan untuk memaksimalkan tenaga di rpm bawah atau atas, juga menyesuaikan kondisi cuaca di sekitar.

Misalkan ingin kejar torsi, saran Marsudi setelan klep bisa dibikin renggang dari ukuran standar. Apalagi kalau suhu di sekitar tempat tinggal pemilik motor cenderung dingin.

Sebaliknya kalau tenaga mesin ingin kerjar rpm atas. “Kondisi ini bisa diakali dengan menyeting setelan klep lebih rapat dari ukuran standar, agar gas bakar lebih deras masuk ke dapur pacu. Tambah lagi jika kondisi sekitar cenderung panas. Setingan ini lebih aman,” imbuh Marsudi.

Terakhir, untuk aliran udara disarankan Marsudi agar tetap menggunakan filter udara asli atau bisa juga pakai saringan udara variasi. Sebab kalau plong, khawatir karburator cepat kotor apalagi tipe vakum yang terkenal rawan gesekan. (motorplus-online.com)

Cara Mengganti Ban Dalam Pada Sepeda Motor

Hai semuanya,...
Kini saya akan membahas cara mengganti ban dalam,
hampir sama sii dengan cara mengganti ban luar dan dalam,.

Langsung aja seperti biasanya (dipraktekan pada sepeda motor suprafit) :

1. Sepeda motor distandarkan terlebih dahulu ( standar 2 kaki ) ditempat yang rata atau permukaan lantai tidak miring dan licin.
2. Kendorkan dan lepaskan poros roda yang akan diganti bannya, ( disini kita membahas roda depan ).
3. Kempeskan roda.
4. Tekan-tekan sisi ban scara merata.
5. Congkel salah satu sisi ban luar menggunakan 3 pencongkel skaligus di 3 bagian yang berdekatan (arah congkelan keluar pelek) dan sampai salah satu sisi ban luar keluar dari alur pelek
6. Kendorkan baut pengikat pentil dan keluarkan ban dalam.
7. Bersihkan bagian dalam ban luar dari kotoran seperti debu, karat, pasir, atau lainnya.
8. Pasangkan ban dalam yang baru ke alur pelek dengan cara tepatkan pentil ke lubang pentil yang ada di pelek terlebih dahulu, lalu pasangkan mur dan kencangkan. Bandalam tidaj boleh terlipat.
9. Kembalikan sisi ban luar yang belum dipasang ke alur pelek seperti semula sebelum di ganti ban dalamnya dan usahakan jangan mencongkel ban dalam, dikarnakan jika tercongkel, bisa kemungkinan bocor.
10. Tekan-tekan ban scara merata.
11. Isikan angin ke ban.
12. Pasang komponen yang lainnya

SELAMAT MENCOBA......,.

Cara Setting Angin Karburator

Setting Angin Karburator
Cara setel angin karburator. Setiap motor memiliki putaran yang berbeda dan juga di pengaruhi cuaca. Cara meyesuaikan setelan angin karburator pada motor anda tidak harus pake patokan putaran 1/3 1.5 atau 2.5 dan seterusnya.tapi berdararkan permintaan mesin. Trus apa yang membuat anda ingin menyetel nya?. Banyak teman-teman belom paham tentang ini dan tidak jarang mereka coba-coba putar-putar tapi tidak ada penyelesaian nya. Alasan yang sering trjadi sehingga di butuhkan setting angin karburator sbb
1. Motor merebet di putaran gas rendah.
2. Motor merebet di putaran gas tengah dan puncak.
3. Terkadang motor lemah terkadang bertenaga.
4. Boros suara besar tenaga gak ada.
Langkah penyetelan.
Sekalian buka karbu nya cuci hingga bersih bukan pake air dan sabun tapi pake bensin. Lalu bersihkan pj dan mj nya dan cek lobangnya jangan ada yang trsumbat. Tekan panel pompa karbunya biar kotoran di dalam pompa keluar. Setelah bersih pasang kembali seperti semula dan jangan lupa selang bensinya.
Dan lanjut ke busi buka dan bersihkan jika warna hitam tanda nya motor boros bensin jika basah menandakan ring piston udah bocor. Idealnya warna kemerahan dan kuning tua lalu pasang kembali dan coba hidupkan. Apa kah masih berebet atau udah normal?
Jika masih berebet coba cek setelan angin nya. Jika anda belom tau yang mana angin dan gas coba bedakan jika di putar searah jarum jam dan gas jadi naik ini setelan gas. Jadi setelan angin yang satunya.
Ok mari kita kerjakan pertama kencangkan stelan angin nya lalu tarik gas +-3/4 dan tahan lalu putar keluar setelan anginya secara sedikit-demi sedikit lalu perhatikan di mana merebetnya hilang dan gas jadi tinggi tapi normal nah ini lah stelan yang pas buat motor anda lalu sesuaikan setelan gas nya biar irama langsamnya pas.
Note: jangan lupa saringan udara harus di bersihkan. Jika bensin banjir dari karbu menandakan karet di pelampung rusak karet ini berpungsi mengatur masuk minyak ganti jika perlu.
Cara Mudah Buat Bersihkan Karburator
 
  
image

JALANAN
dan trek yang berdebu dan bahkan berlumpur pada saat musim hujan tentu membuat permukaan luar karburator menjadi tampak kotor. Menjaga kebersihan luar karburator ternyata tidak membutuhkan banyak teknik-teknik sukar. Seperti yang dilakukan oleh tukang service di tempat service motor. Siapa saja bisa melakukannya dan tidak butuh waktu lama
Modalnya cuma sabun cream alias sabun colek buat cuci baju dan air aki zuur saja. Selain itu sediakan pula wadah untuk meredam karburator, kemudian sikat gigi bekas atau kuas cat kecil untuk menjangkau bagian-bagian yang dalam.
Langkahnya adalah, campurkan air aki zuur dan sabun colek secukupnya ke dalam wadah. Takarannya setengah botol air aki zuur dan tiga hingga empat sendok teh sabun colek. Setelah itu, aduk keduanya hingga campuran merata.
Buka karburator dari intake dan lepaskan seluruh part yang ada di karbu. Jangan lupa komponen karet, plastik dan spuyer di dalam karburator harus dilepas agar tidak rusak oleh air zuur.
Usai semua dilepas, kini rendam kedua (bagian atas karbu dan mangkok-red) ke cairan campuran yang sudah disiapkan tadi. Sembari direndam, baiknya perlahan diaduk agar cairan bisa masuk atau mengenai bagian yang sulit dijangkau.
Rendam saja sekitar 2–3 menit. Kemudian setelah diangkat, gosok karbu pakai sikat atau kuas.
Usai membersihkan permukaan luar, sekalian membersihkan bagian dalam karbu. Tapi jangan pake air zuur dan sabun. Seperti peranti macam pilot-jet dan main-jet bahkan botol skep juga. Bersihkannya bisa pakai bensin. Lalu, keringkan pakai angin kompresor agar bersih dari air dan partikel debu.
TIPS MEMILIH PERALATAN UNTUK MEMBUAT BENGKEL MOTOR

Banyak pertanyaan tentang tools/alat yang harus disiapkan untuk persiapan bengkel baru, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Bagi yang baru berusaha membangun sebuah bengkel motor, persiapkan tools/alat untuk bengkel adalah salah satu modal utama, selain tempat atau lokasi bengkel.
Maka tahapan pemilihan tools diusahakan dapat efisien dan efektif sesuai dengan budget modal awal.

Dalam mempersiapkan peralatan untuk bengkel motor, dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu :

A. Kelompok peralatan basic/standar
B. Kelompok special tools
C. Kelompok pelengkap

Untuk kelompok peralatan basic/standar, adalah peralatan yg harus dimiliki oleh sebuah bengkel, setelah itu baru menyusul kelompok special tools, dan yang terakhir boleh dilengkapi boleh tidak adalah kelompok pelengkap, kelompok ini bisa juga disebut sebagai accessories bengkel.

Selain memilih tools, tidak kalah penting juga menentukan jumlah, ukuran, merk dan kualitas apa yang harus dipilih, hal ini sangat mempengaruhi budget modal awal, maka diharapkan pengusaha bengkel baru dapat menggunakan budget modal awal dengan bijak.

Uraian dari kelompok diatas adalah :

A. Kelompok peralatan basic/standar
  1. Air Compressor
  2. Selang air compressor
  3. Air duster
  4. Tire inflating gun
  5. Kunci socket set
  6. Kunci pas set (open end wrench)
  7. Kunci ring set (double ring wrench)
  8. Kunci ring pas set (combination wrench)
  9. Kunci inggris (adjustable wrech)
  10. Kunci tutup klep
  11. Kunci penahan klep
  12. Tang kombinasi
  13. Tang lancip
  14. Tang potong
  15. Tang buaya
  16. Tang snap ring
  17. Kunci socket set
  18. Kunci sock T
  19. Obeng set
  20. Obeng ketok set
  21. Kunci L hexagonal set (hexagonal key)
  22. Kunci L tork
  23. Fuller set
  24. Palu
  25. Gergaji tangan
  26. Kikir besi
B. Kelompok special tools
  1. Ragum meja
  2. Bor tangan
  3. Gerinda tangan
  4. Gerinda duduk
  5. Bor duduk
  6. Treker magnet
  7. Treker bearing
  8. Treker klep
  9. Treker potong rantai
  10. Kunci mur kopling matic
  11. Alat buka ban
  12. Alat penahan magnet
  13. Alat penahan per kopling (clutch spring compressor)
  14. Alat pembuka mur kopling
  15. Alat penahan kopling ganda
  16. Alat penahan kopling (clutch center holder)
  17. Alat pengukur kompresi
  18. Charge accu
  19. Test pen DC
  20. Multi meter
  21. Jangka sorong
C. Kelompok pelengkap
  1. Bike lift
  2. Tools drawer / tools box
  3. Hose reel
  4. Air screwdriver
  5. Air impact wrench
  6. Air micro grinder
Sekali lagi, sangat penting menentukan jumlah, ukuran, merk dan kualitas apa yang harus dipilih karena belakangan ini sangat banyak merk dan kualitas tools yang beredar di pasaran, hal ini sangat menguntungkan konsumen karena semakin banyak pilihan, hanya konsumen diharap dapat lebih teliti dan bijak dalam memilih tools.

Untuk keterangan lebih rinci dapat menghubungi otomotiftools.com
Tips membuka usaha bengkel motor untuk pemula

Mengingat penjualan sepeda motor yang semakin meningkat, maka usaha membuka bengkel motor, toko sparepart dan toko accessories motor, dapat menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi.

Karena hal tersebut diatas, otomotiftools.com ingin memberikan beberapa panduan untuk membuka usaha bengkel motor bagi pemula.

Tahap pertama yang harus diperhatikan adalah LOKASI, MARKET & KOMPETITOR.

Secara umum lokasi untuk membuka semua jenis usaha adalah sangat penting dan harus diperhatikan, demikian juga untuk membuka usaha sebuah bengkel motor.
Lokasi yang bagus biasanya dalam area jangkauan market ( sekitar radius 1km ) terdapat banyak sepeda motor, seperti pemukiman penduduk, perumahan, perkantoran, pabrik, pusat keramaian, dsb.

Setelah menentukan lokasi, kita dapat memilih sasaran market / calon pelanggan, bengkel motor dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Bengkel resmi
  2. Bengkel umum
  3. Bengkel tune up
Untuk membuka Bengkel resmi, keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kantor service center merk yang diinginkan, biasanya akan diminta syarat-syarat tertentu tergantung perusahaan pemberi lisensi.

Sasaran market bengkel umum adalah pengguna motor biasa, yang memperlukan service standar, penggantian sparepart dan perbaikan kecil.

Bengkel tune up, bengkel ini spesialis merubah motor menjadi tidak standar, biasa memenuhi permintaan pelanggan untuk merubah kecepatan/akselerasi motor, memiliki sasaran market yang lebih sempit, untuk market ini biasa lokasi tidak menentukan, karena pelanggan biasa didapat dari promosi mulut ke mulut.

Selain hal diatas, perlu dipertimbangkan juga tentang persaingan usaha, yaitu kompetitor atau bengkel yang sudah ada di sekitar lokasi rencana investor membuka bengkel. Jadi investor harus mempunyai visi dan misi untuk berebut pelanggan dengan kompetitor.

Tahap kedua yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha bengkel adalah TEKNISI dan MANAJEMEN BENGKEL.

Setelah mencermati tahap pertama diatas, investor harus menentukan kualitas teknisi, karena ibarat rumah makan, teknisi adalah koki, jadi kualitas teknisi akan juga dapat menentukan masa depan usaha bengkel.

Manajemen bengkel dalam pengertian yang luas adalah menentukan pelayanan dan kenyamanan pelanggan, kerapian bengkel, administrasi bengkel, dsb.
Hal ini perlu dipersiapkan, terutama untuk administrasi keuangan bengkel, yaitu tentang menentukan biaya jasa yang akan dikenakan untuk pelanggan, perkiraan target pemasukan, sistem gaji, dsb.
Sehingga anggaran dan target investasi / waktu modal kembali dapat diperhitungkan.

Tahap ketiga adalah menentukan PERALATAN & PERLENGKAPAN KERJA.

Tahap ini yang paling sering dibicarakan dan dipertanyakan, tetapi oleh otomotiftools.com hal ini dijadikan tahap yang paling akhir, karena untuk suatu investasi, yang paling penting adalah pada tahap pertama dan kedua.

Mengingat saat ini banyak sekali pilihan jenis, merk dan kualitas peralatan disarankan bagi investor pemula yang akan membuat usaha bengkel untuk memilih peralatan basic/standar terlebih dahulu.

Untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan kerja lebih rinci, dapat menghubungi otomotiftools.com

Bilamana dikemudian hari investasi dinilai berhasil, baru melakukan penambahan/penggantian peralatan yang sudah dimiliki. Sehingga dapat menghemat angaran untuk peralatan bengkel.

Demikian panduan untuk membuka usaha bengkel motor bagi pemula, harap maklum bila masih ada kekurangan, semoga bermanfaat.

SALAM OTOMOTIF !!

Mari Menilik Peluang Usaha Bengkel Motor

"Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor."
bengkel motor 225x300 Mari Menilik Peluang Usaha Bengkel MotorMakin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Lalu di antara bengkel motor umum yang menerima servis mesin berbagi merek maupun modifikasi, bengkel kemitraan yang menjalin kerja sama dengan pihak ATPM, dan bengkel khusus modifikasi mana yang menguntungkan?? Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Tak ayal, bengkel motorpun tumbuh menjamur hingga kawasan daerah pelosok.
Bengkel Umum Lebih Banyak. Jumlah bengkel kemitraan memang kalah banyak, mengingat bengkel umum lebih gampang persyaratannya dan lebih mudah pendiriannya. Prospeknya akan tetap bagus karena karena penjualan motor juga meningkat tiap tahunnya hingga keberadaan bengkel resmi pun amat diperlukan . Selanjutnya, mari menilik peluang usaha bengkel motor.
Modal Usaha. Untuk membuka bengkel motor umum modalnya lebih kecil di bandingkan membuka bengkel kemitraan, sehingga paling cocok bagi pemula usaha ini. Usaha dimulai dari bengkel umum dengan modal Rp 20 juta. Dari modal sebesar itu Rp 5 juta di gunakan untuk membeli kompresor dan peralatan bengkel. Sisanya untuk stock sparepart dan aksesoris yang bersifat fast-moving sparepart.
Sedangkan modal bengkel kemitraan jauh lebih besar meskipun tidak menggunakan sistem royaliti fee kepada pemilik bengkel dengan kisaran modal minimal 60 juta. Calon pemilik usaha ini memang lebih cocok bagi yang memiliki modal besar. Meskipun begitu ada juga yang di sebut bengkel kemitraan dari Yamaha yang fee modal, hanya menyediakan tempat bisa kontrak dan pembelian sparepart saja, yang saat ini hanya berlaku di Banten dan Bogor.
Pemasaran. Untuk menarik minat konsumen datang ke bengkel motor bisa dilakuakn lewat pembagian brosur, pamphlet, dan servis gratis saat awal buka usaha. Bila bengkel sepi kemungkinan yang terjadi adalah salah pemetaan dalam memperhatikan permintaan ( jumlah motor ) di daerah tersebut atau lokasi yang kurang tepat. Sebaiknya di lingkungan perusahaan karena orang ingin dekat saat servis , jalan utama atau protokol atau jalan utama orang menuju kantor atau tempat kerjanya.
Bagi bengkel umum modifikasi sebaiknya jemput bola dengan mendekati kalangan komunitas atau ikut mailing list lewat internet. Selain itu karyawan dan pemilik bengkel harus menerapkan pola kejujuran.  Kalau kita bisa tangani kita bilang iya dan beri tahu kondisi motor tersebut kepada pemiliknya serta penyebab kerusakan sehingga kepercayaan muncul dan image bagus.
Persaingan cukup ketat terutama antara bengkel umum. Sehingga pelaku usaha bengkel umum harus menjaga kualitas, kepercayaan, loyalitas dan kedekatan dengan konsumen. Sedangkan persainagan antar bengkel resmi ATPM tidak terlalau berkaitan dengan operasional bengkel, Hal ini di karenakan memang tidak terjadi “Benturan Pasar”mengingat masing-masing telah memiliki pasar dan pelanggan sendiri.
Produk tersebut ada yang fungsinya penghemat BBM seperti MNS DC Booster hemat 15% Hyidrogen Power Server juga hemat bensin 47,5% peningkat perpomence agar motor lebih kencang, dan sebagainya. Ada juga yang mengembangkan sistem franchise untuk Auto Clinik Dysha Motorsport (ACDMS) dengan modal terjangkau . Membayar lisensi fee Rp 5 Juta saja pertahun untuk pemakain nama ACDMS, atau bila ingin menambah sistem basic berupa administrasi dari spanduk sampai training mekanik dikenakan modal Rp 15 juta tanpa royalti fee, bila ingin membeli alat dan sparepart dari ACDMS di tambah lagi modal Rp 5-15 juta.
Keuntungan. Dari berbagi jenis bengkel tersebut, keuntungan servis terbesar adalah modifikasi misalnya modifikasi costum body bahan fiber dari motor bebek jadi motor Trail bisa mematok Rp 1,5-2 juta, padahal harga untuk pengerjaan hanya Rp 500 ribu atau keuntungan sekitar 67% . Hal ini karena hasil modifikasi tergantung kepuasan konsumen.
Kendala. Untuk tenaga mekanik yang handal masih menjadi kendala bagi pelaku usaha bengkel motor, juga bila ada konsumen yang komplain, sehingga solusinya dengan mendengarkan keluhan konsumen dan bisa juga menerapkan sistem garansi dalam pengerjaan.
Bagi pemula usaha bengkel juga tidak memiliki keahlian khusus asalkan memiliki mekanik yang ahli yang bisa di peroleh dari lulusan SMK dan juga kursus sepeda motor. Jadi anda bisa memilih kategori bengkel apa yang ingi di buka sesuai dengan modal anda, bila modal kecil sebaiknya pilih bengkel umum servis mesin motor lebih dahulu.